Thursday, 28 June 2018

Bisnis Online, Peluang dan pangsa pasar seluruh dunia, Tidak terikat waktu atau tempat, Bisnis online lebih mudah, Modal lebih sedikit, hasil lebih banyak

INILAH DIA SOLUSI BISNIS ONLINE 


Bisnis Online menjadi bisnis yang hot saat ini di Indonesia. Banyak masyarakat khususnya generasi muda yang mulai melirik bisnis ini dan tergiur menghasilkan uang dari internet. Sebenarnya, hal tersebut wajar terjadi di tengah makin ramainya pemberitaan tentang kesuksesan banyak orang dalam berbisnis di internet, baik skala perorangan maupun perusahaan besar.

Pada bab ini, kita akan membahas beberapa poin penting terkait bisnis online, yakni:

Apa sebenarnya bisnis online itu?
Mengapa harus berbisnis online?
Apa saja cara menghasilkan uang dari internet?
Mindset sukses berbisnis online.

Dengan pembahasan-pembahasan tersebut, kita akan mengerti apa sebenarnya bisnis online itu dan kita akan memiliki gambaran untuk memulai membangun bisnis online sendiri.

Jika selama ini kita hanya bisa terkagum-kagum melihat beberapa orang yang berhasil menghasilkan banyak uang dari internet, maka setelah membaca blog ini, kita tidak akan bingung lagi harus memulainya dari mana dan bagaimana langkah-Iangkah selanjutnya agar bisnis online kita sukses.
Mari kita lihat satu per satu!

Apa Sebenarnya Bisnis Online Itu?

Mungkin masih banyak yang berasumsi bahwa bisnis online adalah kita membeli suatu produk kemudian kita mengajak orang lain untuk membeli produk tersebut sehingga membentuk jaringan berantai layaknya Multi Level Marketing (MLM). Atau, bisa jadi masih ada beberapa orang khususnya di Indonesia yang mengasumsikan bahwa bisnis online adalah penghasil uang ajaib semacam mesin uang otomatis.

Asumsi tersebut muncul karena di tahun 2000-an, dunia internet di Indonesia banyak berisi produk-produk digital yang menawarkan hal-hal "ajaib" di atas. Padahal sejatinya, program seperti itu kebanyakan adalah program "money game" atau penipuan.

Jadi, apa sebenarnya bisnis online itu?
Secara sederhana, bisnis online adalah segala aktivitas yang dilakukan di internet yang bertujuan menghasilkan transaksi. Dengan demikian, ketika kita melakukan aktivitas apa pun di internet yang bertujuan untuk menghasilkan transaksi, kita sudah menjalankan
bisnis online.

Mengapa Harus Berbisnis Online?

Bisnis online sudah berkembang sejak lama namun mulai menjadi "hot trend" di Indonesia pada tahun-tahun belakangan ini. Banyak kita lihat iklan-iklan baik di media cetak seperti koran, majalah, atau media elektronik seperti radio dan televisi yang mulai mengiklankan produk-produk yang dijual secara online. Iklan-iklan bisnis online tersebut semakin hari semakin banyak.

Bisnis online di Indonesia pun sudah digeluti mulai dari perorangan, unit Clsaha Kecil dan Menengah (CJKM), sampai perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan Iuar negeri pun terlihat membangun bisnis online mereka di Indonesia dengan modal besar-besaran. Yang terbaru adalah perusahaan besar dari luar negeri  Alibaba.com yang mengakuisisi Lazada dengan harga yang sangat fantastis.

Banyak perusahaan yang dahulunya tidak menggunakan teknologi internet, saat ini dengan terpaksa juga harus mulai merambah ke pemasaran melalui internet jika tidak ingin tertinggal oleh kompetitor.
Hampir sebagian besar dari kita saat ini juga tidak bisa lepas dari internet. Baik untuk menggunakan email, sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Sebagian dari kita juga mungkin sudah merasakan bagaimana berbelanja online dengan mencoba aplikasi seperti Go-jek, Tokopedia, Lazada, Tiket, Traveloka, dan lain sebagainya.

Dengan fakta-fakta menarik tentang bisnis online di atas, wajar saja jika bisnis online menjadi primadona saat ini dan hampir semua orang tertarik untuk ikut berbisnis online.
Jadi, mengapa kita harus berbisnis online?

Pertanyaan ini akan bermanfaat untuk meyakinkan sekaligus menguatkan kembali tekad kita yang ingin berkecimpung di bisnis online. Mengapa kita harus bersusah-payah belajar dari awal tentang bisnis online dan bersabar untuk menjalani prosesnya?

Berikut beberapa keunggulan bisnis online yang menjadi alasan mengapa kita harus berbisnis online mulai saat ini:

a. Peluang dan pangsa pasar seluruh dunia

Ketika berbisnis online, pangsa pasar kita adalah seluruh dunia. Berbeda dengan bisnis offline yang pangsa pasarnya mungkin hanya sekitar toko. Dengan berbisnis online, kita bisa menawarkan apa pun ke seluruh dunia. Kita tinggal membuat penawarannya di website kita dan meng-online-kannya agar bisa dibuka oleh siapa pun di seluruh dunia.

b. Tidak terikat waktu atau tempat

Bisnis online bisa kita kerjakan kapan pun kita mau dan di mana pun. Yang penting memiliki perangkat komputer dan koneksi internet. Sangat fleksibel, bukan? Berbeda dengan bisnis offline.

c. Bisnis online lebih mudah

Saya tidak katakan bisnis online itu mudah, namun setidaknya lebih mudah dibandingkan dengan bisnis offline. Jika membangun bisnis offline kita butuh dengan berbagai macam urusan teknis, di bisnis online kita lebih mudah dalam hal tersebut. Cukup dengan membuat website dan jadilah etalase bisnis kita.

d. Modal lebih sedikit, hasil lebih banyak
Seperti yang kita sebutkan di atas, untuk membangun bisnis online, modal awalnya hanya sebuah website untuk memajang dan membuat penawaran bisnis kita. Modal membuat sebuah website tidak lebih dari Rp500.000,00. Sangat sedikit, bukan?

Bagaimana jika ingin membangun bisnis offline? Modalnya pasti lebih besar seperti menyewa tempat yang bisa puluhan juta, meng-gaji karyawan, urusan perizinan, pajak, dan lain sebagainya.

Dengan modal membangun bisnis online yang sangat sedikit, bukan berarti hasil dari bisnis online lebih sedikit daripada hasil bisnis offline. Bahkan faktanya, hasil dari bisnis online lebih banyak. Para pebisnis yang tidak masuk ke pemasaran online biasanya penjualan dan keuntungannya akan sulit berkembang dan bisa jauh tertinggal dari kompetitornya yang menggunakan pemasaran di internet.

Tidak memandang ijazah. bentuk fisik, dan lainnya

Jika ingin terjun ke dunia bisnis online, maka kita tidak butuh ijazah. Serendah apa pun jenjang pendidikan formal kita atau setinggi apapun jenjangnya, peluang sukses di bisnis ini selalu ada. Yang
penting, kita mau mempelajarinya dan konsisten mempraktikkan-nya.

Begitu juga dengan bentuk fisik. Bagaimanapun bentuk fisik kita, tidak akan menjadi penghalang kesuksesan di bisnis online. Bahkan, mereka yang memiliki fisik yang kurang sempurna sekalipun bisa sukses. Lihat saja kisah Habibi Afsyah atau tokoh pebisnis online lainnya yang juga sering diwawancarai di banyak stasiun televisi.

Nah, itulah beberapa keunggulan bisnis online. Dengan banyaknya keunggulan dan kelebihan bisnis online tersebut, apakah kita tertarik untuk membangun kerajaan bisnis di Internet?

Sebelum masuk ke bahasan selanjutnya, saya ingin sedikit bercerita.

Saya memulai bisnis online ini sejak saya masih mahasiswa karena saya mulai khawatir akan bekerja di mana setelah wisuda nantinya. Akhirnya, saya browsing-browsing di internet untuk mencari peluang usaha dan setelah proses panjang akhirnya saya temukanlah bisnis online ini. Saya pun menguatkan tekad untuk sukses di bisnis ini. Target saya jika sudah wisuda, saya tidak perlu repot-repot melamar kerja lagi dan cukup dengan bisnis online.
Berbagai modul pun saya "lahap", baik yang gratisan maupun yang berbayar. Saat itu, saya pun memberanikan diri mengikuti kelas berbayar belajar bisnis online bersama Anne Ahira dan mulai membeli dan mempelajari semua hal yang berhubungan dengan
bisnis online.

Setelah wisuda, Alhamdulillah saya sudah memiliki sumber penghasilan yang bisa dikatakan lebih dari gaji karyawan baru di perusahaan. Namun, di akhir tahun 2011 karena satu dua hal, bisnis online saya tidak lagi menghasilkan. Saya sedikit "frustasi" dan malas untuk bangkit dari keterpurukan. Akhirnya, saya memilih untuk melamar pekerjaan dan akhirnya resmi menjadi karyawan di salah satu perusahaan swasta di Medan di bagian web development.

Masa-masa menjadi karyawan inilah, saya baru menyadari nikmat-nya berbisnis online. Suka duka menjadi karyawan memaksa saya

untuk kembali ke dunia online. Saya pun resign dan bangkit membangun bisnis online saya kembali.
Dari bisnis online, saya mengumpulkan modal untuk menikah. Setelah menikah saya bisa setiap hari di rumah bersama istri. Ketika istri hamil dan melahirkan, Alhamdulillah saya bisa selalu mendam-pinginya dan setiap hari saya bebas bermain dengan anak di rumah tanpa terganggu dengan jadwal masuk kantor dan tanpa takut dipotong gaji jika terlambat masuk kantor seperti yang saya alami dahulu, hehe.
Yang ingin saya sampaikan dari cerita ini adalah saya sangat bersyukur diberikan jalan rezeki melalui bisnis online. Tentunya tanpa memandang sebelah mata terhadap profesi-profesi lainnya.


Apa Saja Cara Menghasilkan Uang di Internet?

Dari definisi Bisnis Online yang sudah kita bahas di bagian awal, menghasilkan uang di internet tidak hanya terbatas pada satu dua cara, namun terdapat banyak cara bahkan tidak terbatas. Itu karena setiap hari semakin berkembang cara-cara menghasilkan uang di internet sesuai dengan kreativitas pemakai internet dalam memanfaatkan internet untuk kepentingan bisnis (menghasilkan uang).

Akan tetapi, untuk memudahkan pemahaman, kita bisa mengklasifikasikan cara-cara menghasilkan uang di internet ke dalam 4 kategori besar. Dengan mengetahui 4 kategori besar ini, kita akan mampu memilah dan memilih jenis apa yang paling cocok untuk pribadi kita Karena tidak semua orang sama dalam hal kemampuan dan kecocokan jenis bisnis.

Perlu diingat juga bahwa kesuksesan berbisnis online juga dipenga-ruhi oleh usaha yang kita lakukan dan jenis bisnis yang kita pilih. Terkadang orang lain bisa sukses di jenis bisnis tertentu, namun ketika kita mencoba jenis bisnis tersebut dan melakukan langkah-langkah yang sama, temyata kita tidak sukses di jenis bisnis tersebut.

Banyak orang yang sukses berbisnis online di bidang toko online, namun banyak juga yang tidak cocok kepribadiannya dalam model bisnis toko online. Banyak juga yang sukses berbisnis di affiliate marketing, penjualan jasa dan lainnya, namun sebagian yang lain tidak dapat sukses di bidang tersebut walaupun sudah mencobanya. Jadi, setiap orang punya jalan yang berbeda-beda dalam meraih kesuksesannya di bisnis online dan setiap bidang pasti ada orang suksesnya. Tinggal kita memilih jenis yang paling cocok untuk kepribadian kita sehingga bisa sukses di bidang tersebut.

Kalau saya sendiri, pada awal-awal belajar bisnis online, hampir semua jenis sumber penghasilan di internet saya coba. Tahukah Anda bagaimana hasil akhirnya? Hasilnya adalah saya hanya jalan di tempat dan satu tahun tidak menghasilkan apa-apa. Saya hanya menghabiskan waktu untuk mempelajari semua hal tentang bisnis online dan mempraktikkan semuanya dengan tidak maksimal. Akhirnya, saya mulai sadar bahwa untuk sukses besar kita cukup menjadi ahli di satu bidang.

Nan, bagaimana caranya memilih bidang yang paling cocok untuk pribadi kita? Banyak faktor yang bisa dipertimbangkan, antara lain sesuaikan dengan hobi (minat) kita, hal-hal yang kita kuasai, pertimbangan tentang jenis bisnis, dan lain sebagainya. Gntuk lebih detailnya, akan kita bahas pada pembahasan khusus nanti.

Pada bagian ini, kita akan mengetahui apa saja sumber penghasilan di internet sehingga kita memiliki gambaran menyeluruh tentang apa saja cara menghasilkan uang di internet. Sebenarnya, tidak ada batasan tentang cara-cara menghasilkan uang di internet. Kita bebas membuat cara sendiri dalam menghasilkan uang melalui internet. Namun, apa pun jenis penghasilannya, bisa dimasukkan setidaknya ke dalam 4 kategori besar berikut ini:

1. Menjual produk sendiri
Yakni kegiatan berjualan seperti halnya menjual produk di toko secara offline di mana penjual harus selalu mengatur ketersediaan